Kamis, 11 September 2014

uas p djalal

ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMAN 1 SUMBERLAWANG 1. Coordinate the Instructional Program No Indikator Nilai Jumlah 1 2 3 4 Tdk pernah Jarang Sering Selalu 1 Merumuskan dan mengartikulasikan tujuan pembelajaran √ 4 2 Mengarahkan dan membimbing pengembangan kurikulum  4 3 Membimbing pengembangan dan perbaikan proses pembelajaran  3 4 Mengevaluasi kinerja guru dan mengembang potensi sumber daya manusia  3 5 Menerapkan kepemimpinan visioner dan situasional  3 6 Melayani siswa dengan prima  4 7 Melakukan bimbingan secara rutin untuk perbaikan pembelajaran √ 3 8 Melakukan koordinasi terhadap guru, siswa, dan orang tua √ 4 9 Memberi contoh dan menginspirasi warga sekolah  3 10 Melakukan monitoring dan evaluasi keberhasilan sekolah √ 3 Jumlah nilai per indikator 0 0 18 16 34 Skor : 10-17 = Tidak bagus, 18-25 = Kurang bagus, 26-33 = Bagus, 34-40 = Sangat Bagus Analisis: Dengan nilai 34 kepala sekolah tersebut sudah dikatakan sangat bagus artinya kepala sekolah punya perencanaan untuk kemajuan sekolah untuk monitoring dan evaluasi keberhasilan sering, dan bimbingan perbaikan pembelajaran masih sering, sehingga perlu untuk ditingkatkan dari sering menjadi selalu. Perbaikan program koordinasi kepemimpinan ini agar terlaksana dan tercapai tujuan yang diharapkan oleh kepala sekolah dan warga sekolah. 2. Emphasize achievement NO INDIKATOR NILAI Jumlah 1 2 3 4 Tdk pernah Jarang Sering Selalu 1 Memprogramkan pengayaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa √ 4 2 Memberi hadiah kepada guru dan siswa yang nilai UN mendapat 10 √ 1 3 Mengikutkan setiap lomba prestasi akademik maupun non akademik  4 4 Memberi honor tambahan kepada guru yang mengajar diluar jam wajib untuk peningkatan prestasi siswa √ 4 5 Menyediakan sarana prasarana untuk pencapaian prestasi belajar siswa √ 3 6 Memfasilitasi kegiatan ekstra kurikuler bagi siswa √ 4 7 Memberi kesempatan guru untuk belajar lebih tinggi  3 8 Mendorong guru dan siswa untuk kreatif dan inovatif  4 9 Memfasilitasi semua kegiatan untuk mencapai prestasi belajar siswa √ 3 10 Memonitor dan mengevaluasi program pencapain prestasi belajar siswa √ 3 Jumlah nilai per indikator 1 0 12 20 33 Skor : 10-17 = Tidak bagus, 18-25 = Kurang bagus, 26-33 = Bagus, 34-40 = Sangat Bagus Analisa: Dengan nilai 33, kepala sekolah di SMAN 1 Sumberlawang sudah dikatakan bagus artinya tingkah laku kepala sekolah yang menekankan pada prestasi yang mana tidak pernah memberi hadiah kepada guru dan siswa yang mendapatkan nilai UN yaitu 10. Kepala sekolah sering memonitoring dan evaluasi, memfasilitasi sarana dan prasarana dalam proses semua kegiatan yang menghasilkan prestasi belajar siswa, dan memberi guru untuk belajar lebih tinggi. Jadi, kepala sekolah harus bangga terhadap prestasi siswa dengan memfasilitasi sarana dan prasarana prestasi belajar siswa dan meningkatkan kualitas guru. 3. Frequently evaluate pupil progress NO INDIKATOR NILAI Jumlah 1 2 3 4 Tdk Pernah Jarang Sering Selalu 1 Menyusun program evaluasi belajar harian, mid semester, semester, ujian dan UKK  4 2 Melaksanakan program evaluasi belajar yang telah direncanakan  4 3 Menanyakan dan mengevaluasi hasil ulangan harian √ 3 4 Menanyakan dan mengevaluasi hasil mid semester √ 3 5 Menanyakan dan mengevaluasi hasil semester  3 6 Menanyakan dan mengevaluasi aspek tingkah laku siswa  2 7 Menanyakan dan mengevaluasi siswa bermasalah ke BP  3 8 Memonitor kegiatan evaluasi yang telah menjadi program √ 3 9 Menganalisis program kegiatan evaluasi yang telah dilaksanakan √ 3 10 Membuat pemetaan hasil analisis untuk tindak lanjut √ 2 11 Menindaklanjuti hasil analisis untuk meningkatkan kemajuan belajar siswa √ 2 Jumlah nilai per indikator 0 4 15 8 27 Skor : 10-17 = Tidak bagus, 18-25 = Kurang bagus, 26-33 = Bagus, 34-40 = Sangat Bagus Analisa: Dengan nilai 27, kepala sekolah di SMAN 1 Sumberlawang dikatakan bagus. Kepala sekolah masih jarang menanyakan dan mengevaluasi berbagai aspek tingkah laku siswa, siswa bermasalah ke BP, membuat hasil analisis pemetaan untuk menindaklanjutin peningkatan kemajuan belajar siswa. Sering juga memonitoring kegiatan evaluasi, menganalisis program kegiatan evaluasi serta menanyakan hasil siswa baik hasil mid, hasil akhir sekolah, dan lain-lain. Kepala sekolah di sekolah ini meningkatkan indicator diatas yang mana masih jarang dilakukannya, serta meningkatkan dan mempertahankan hasil indicator yang masih sering dan selalu dilakukan kepala sekolah. 4. Provide on orderly atmosphere NO INDIKATOR NILAI Jumlah 1 2 3 4 Tdk Pernah Jarang Sering Selalu 1 Memberi teladan dan menjaga ketertiban  4 2 Menjaga keadaan sekolah tetap kondusif untuk proses belajar √ 4 3 Meminimalkan masalah yang timbul di sekolah melalui penguatan rasa kekeluargaan  4 4 Merencanakan pertemuan dengan orang tua dalam satu tahun  3 5 Mengundang orang tua untuk memberikan informasi-informasi tentang kegiatan belajar √ 3 6 Menyusun program bersama dengan orang tua untuk meningkatkan kualitas pembelajaran  2 7 Mengadakan kerjasama dengan stakeholder demi peningkatan prestasi belajar siswa √ 4 8 Menerima kritik, saran, masukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran √ 2 9 Menyampaikan hasil belajar dan konsultasi tentang perkembangan siswa secara periodik  2 10 Menganalisis, mengevaluasi, serta menindak lanjuti kerjasama dengan orang tua, dan stakeholder √ 2 Jumlah nilai per indikator 0 8 6 16 30 Skor : 10-17 = Tidak bagus, 18-25 = Kurang bagus, 26-33 = Bagus, 34-40 = Sangat Bagus Analisis: Dengan nilai 30, kepala sekolah dikatakan bagus. Tingkah laku kepala sekolah masih jarang dilakukan yaitu menerima kritik dan saran, menyusun program sekolah bersama orang tua siswa, menyampaikan hasil siswa secara periodik ke orang tua siswa, dan sebagainya. Sehingga kepala sekolah meningkatkan tingkah laku yang jarang dilakukan yang sesuai indikator tersebut. Indikator yang sering dan selalu dilakukan oleh kepala sekolah supaya ditingkatan dan dipertahankan sesuai lingkungan yang dapat menertibkan dan mendisplinkan. 5. Set Instructional strategy NO INDIKATOR NILAI Jumlah 1 2 3 4 Tdk Pernah Jarang Sering Selalu 1 Memfasilitasi penyusunan tujuan pembelajaran dan standar pembelajaran  3 2 Melakukan sosialisasi strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa √ 4 3 Memfasilitasi pembentukan kelompok kerja guru  4 4 Menunjukkan keteladanan di hadapan warga sekolah  3 5 Melakukan kebiasaan sholat di sekolah secara berjamaah  2 6 Menyediakan waktu yang cukup untuk pembelajaran  4 7 Membangun teamwork untuk semua kegiatan sekolah √ 4 8 Membuka komunikasi dengan semua warga sekolah √ 4 9 Menerima kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru, stafnya √ 2 10 Memperhatikan kesejahteraan semua warga sekolah  2 Jumlah nilai per indikator 0 6 6 20 32 Skor : 10-17 = Tidak bagus, 18-25 = Kurang bagus, 26-33 = Bagus, 34-40 = Sangat Bagus Analisis: Dengan nilai 32 pada indikator yang mana strategi kepemimpinan secara berkumpul dengan guru, staf, dan semua warga sekolah dikatakan bagus. Ada juga tingkah laku yang masih jarang dilakukan kepala sekolah yaitu menerima kesulitan yang dihadapi guru dan staf, memperhatikan kesejahteraan semua warga sekolah, dan sebagainya. Maka dari itu kepala sekolah meningkatkan indikator tersebut supaya menjadi bisa memimpin yang efektif dan efisien terhadap guru, staf, dan semua warga sekolah. Serta meningkatkan dan mempertahankan indicator yang masih sering dan selalu dilakukan oleh kepala sekolah tersebut. 6. Support teachers NO INDIKATOR NILAI Jumlah 1 2 3 4 Tdk Pernah Jarang Sering Selalu 1 Memberi motivasi kerja pada guru dan karyawan  4 2 Memberi pujian kepada guru dan karyawan yang berprestasi √ 3 3 Menengok ketika ada keluarga guru dan karyawan sakit  3 4 Memberi dukungan moril kepada guru dan karyawan yang sedang mendapat kesusahan  2 5 Memberi bantuan finansial kepada guru dan karyawan yang membutuhkan  1 6 Memberi hadiah / penghargaan kepada guru dan karyawan yang berprestasi √ 2 7 Menanyakan keadaan keluarga guru dan karyawan  1 8 Menyempatkan diri untuk sering dengan guru dan karyawan  3 9 Menyemangati / memberi contoh untuk maju dan berprestasi  4 10 Mengajak warga sekolah studi banding ke sekolah yang lebih maju  2 Jumlah nilai per indikator 2 6 9 8 25 Skor : 10-17 = Tidak bagus, 18-25 = Kurang bagus, 26-33 = Bagus, 34-40 = Sangat Bagus Analisis: Tingkah laku kepala sekolah yang mendukung guru-guru mendapatkan nilai 25 yang mana dikatakan kurang bagus. Karena kepala sekolah tidak pernah menanyakan keadaan keluarga guru dan staf, dan memberi bantuan financial dan staf yang membutuhkannya. Serta kepala sekolah jarang mengajak warga sekolah untuk studi banding ke sekolah yang lebih maju, memberi dukungan moril kepada guru dan staf yang mengalami kesulitan, dan memberi hadiah kepada guru dan staf yang berprestasi. Indicator yang masih jarang dan tidak pernah dilakukan kepala sekolah perlu ditingkatkan supaya kepala sekolah, guru, staf, dan warga sekolah tetap kompak. Serta indicator yang sering dan selalu dilakukan oleh kepalas sekolah tersebut perlu ditingkatkan dan dipertahankan supaya dukungan guru dari kepala sekolah tetap terjaga dengan baik. ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMAN 1 SUMBERLAWANG Diajukan kepada Drs. Djalal Fuadi, M. Si untuk memenuhi Ujian Akhir Semester pada mata kuliah Kepemimpinan Pembelajaran Disusun Oleh: TRI WAHYUNINGTYAS Q 100130063 2B PROGRAM PASCA SARJANA PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar