Kamis, 11 September 2014

tugas p sumardi

A. LATAR BELAKANG Pada perkembangan zaman sekarang ini, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa internasional. Setiap orang diharapkan memiliki kemampuan untuk mengerti atau memahami bagaimana penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang dituntut untuk memahami atau mengerti bahasa Inggris tidak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak dan remaja. Anak-anak pra sekolah maupun pendidikan dasar, diharapkan telah diperkenalkan dengan bahasa inggris agar kelak mereka mahir dan memahami bahasa Inggris. Dalam PP RI No.27 tahun 1990 tentang pendidikan pra sekolah Bab I tentang ketentuan umum pasal 1 ayat (2) dinyatakan bahwa salah satu bentuk pendidikan pra sekolah yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia empat tahun sampai memasuki pendidikan dasar. (Ningsih: 2008) dalam skripsinya menuliskan bahwa (mengertikan bahwa taman kanak-kanak merupakan tempat untuk pembinaan proses perkembangan anak usia empat sampai enam tahun. Salah satu contohnya ketika orang tua mengucapkan sesuatu, sianak akan cepat menirukan apa yang dilakukan orang tuanya itu. Ketidaktahuan anak itu sesuatu yang sangat wajar dikarenakan anak belum mengerti arti semua itu. Oleh karena itu, peran orang tua sangat menentukan dalam mencapai keberhasilan anak tersebut. Selain itu di zaman modern ini tuntutan untuk bisa mahir dalam bahasa inggris sangat ditekankan dalam dunia kerja. Untuk itu kami dari ESSC sengaja memberikan terobosan baru yang mudah untuk memiliki kemampuan dalam meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris. Melihat bahasa Inggris sekarang ini yang semakin susah dipelajari dan dipahami, setiap siswa–siswi SMP/SMA/Sederajat/masyarakat umum diharuskan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Berkomunikasi dengan Bapak/ Ibu Guru, teman, dan tourist menggunakan bahasa Inggris. Berkomunikasi ini supaya kita dapat mahir berbicara dan menulis bahasa Inggris dengan siapapun. Sekarang ini bahasa Inggris dijadikan tolak ukur untuk berkomunikasi dengan baik dan benar oleh setiap siswa-siswi/masyarakat. Oleh karena itu, setiap siswa-siswi/masyarakat menggunakan berbicara dan menulis bahasa Inggris kepada tourist/siapapun yang berkunjung dimanapun terutama di SMP/SMA/Sederajat/masyarakat. Bukan hanya menulis saja namun juga berbicara bahasa Inggris sering dilakukan apabila siapapun berkunjung di tempat ini. Agar siswa-siswi/masyarakat tersebut terbiasa dengan berbicara dan menulis bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak atau masyarakat pada akhir-akhir ini bagi para orang tua maupun guru telah dirasakan sebagai suatu kebutuhan terutama di daerah perkotaan, karena itu perlu ditanggapi secara positif. Banyak orang tua yang mulai memikirkan akan pentingnya hal tersebut sehingga banyak upaya yang telah mereka tempuh, misalnya dengan mendatangkan guru privat, menyekolahkan putra-putrinya ke lembaga-lembaga kursus atau berupaya menyekolahkan ke sekolah-sekolah dasar yang telah mengajarkan Bahasa Inggris. Sebagian sekolah-sekolah dasar, bahkan ada taman kanak-kanak telah mendatangkan guru bidang studi Bahasa Inggris untuk mengajar anak didiknya. Usaha-usaha tersebut tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit dan hanya orang tua maupun sekolah-sekolah tertentu yang mampu melakukannya. Oleh karena itu kiranya perlu adanya semacam rambu-rambu penentuan materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak / masyarakat serta teknik pengembangannya yang dapat dijadikan acuan bagi guru atau orang tua siswa yang ingin mengajarkan Bahasa Inggris bagi siswa atau putra-putrinya sendiri tanpa harus mendatangkan pengajar ke sekolah atau ke rumah, cukup dilakukan oleh guru kelas atau orang tua jika di rumah. Dalam kurikulum muatan lokal Sekolah Dasar, Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran alternative yang dapat diajarkan di Sekolah Dasar yang sekarang mulai diajarkan dari kelas satu sampai kelas enam. Materi pembelajaran dalam kurikulum tersebut telah diuraikan secara rinci meliputi lafal, kosakata tulisan, bacaan dan keterampilan fungsional sebagai dasar untuk mendapatkan keterampilan berbahasa sederhana sesuai dengan topik yang dekat dengan siswa. Sehingga kurikulum tersebut dapat dijadikan acuan dalam menentukan materi apa yang seharusnya mulai dapat diajarkan pada anak-anak. Guru maupun orang tua yang menghendaki memperkenalkan Bahasa Inggris pada anak sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan anak dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Dengan demikian Bahasa Inggris dapat memungkinkan diajarkan pada level-level sebelum anak-anak memasuki sekolah dasar. Apabila Bahasa Inggris menjadi pilihan yang hendak diajarkan pada anak-anak, maka sebelum melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris, guru atau orang tua siswa perlu mempersiapkan diri mengingat pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak merupakan hal baru bagi mereka. Persiapan yang perlu dilakukan antara lain dengan mempersiapkan penguasaan materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak baik dari segi ucapan atau lafal, kosakata tulisan Inggris dan keterampilan fungsional. Serta materi yang telah ditentukan masih perlu dikembangkan penyajian materinya agar anak-anak dalam menerima pembelajaran bahasa Inggris mudah mengerti dan tidak mengalami kebosanan. Sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih komulatif. Dan disamping itu tentu saja masih perlu bekal pengetahuan tentang teknik dan strategi pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak agar siswa termotivasi dan merasa senang belajar Bahasa Inggris. Mengingat hal di atas, maka dalam proposal yang sederhana ini penulis mencoba memaparkan tentang pengertian, fungsi dan tujuan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak, materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak (English for children) atau masyarakat yang diambil dari berbagai sumber baik kurikulum muatan lokal maupun buku-buku pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak serta teknik pengembangan materi pembelajaran agar pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak bersifat menyenangkan, membangkitkan motivasi anak-anak untuk senang belajar Bahasa Inggris dan menciptakan pembelajaran yang komulatif. English Smart Solution Course (ESSC) adalah suatu lembaga bahasa Inggris baik kursus kelompok maupun privat dalam rangka untuk memajukan, mencerdaskan, dan mengatasi berbicara bahasa Inggris di lingkungan sekitar. Untuk mendalami conversation and writing bahasa Inggris, kami juga menyediakan bimbingan belajar yang bersifat kelompok maupun privat. Untuk itu kami dari English Smart Solution Course (ESSC) hadir untuk membantu anak-anak tersebut dalam belajar untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik. Dengan program ESSC yang kami tawarkan ,belajar bahasa Inggris menjadi lebih menarik sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan. Disini mereka belajar bahasa Inggris dengan berbagai macam metode dan media pembelajaran yang menarik. B. NAMA PROGRAM Adapun nama program yang kami tawarkan kursus privat dan kelompok bahasa Inggris adalah “English Smart Solution Course”. Alasan kami ingin menyajikan pelajaran Bahasa Inggris dengan ringan dan menyenangkan. Mengingat sasaran program kami adalah anak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama atau sederajat, Mahasiswa dan Masyarakat Umum. Visi ESSC yaitu menjadikan ESSC sebagai lembaga perkursusan bahasa Inggris yang terbaik dan terpercaya serta menyenangkan. Misi ESSC yaitu memberikan pelayanan jasa pembiayaan yang mudah, murah dan ramah dengan prinsip kekeluargaan, kepercayaan, dan kejujuran. Motto ESSC yaitu Mencerdaskan Peserta Bersama Kami. C. TUJUAN Tujuan utama pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak atau masyarakat adalah untuk memotivasi dan mendorong anak-anak agar lebih siap dan percaya diri dalam mempelajari Bahasa Inggris. Mengingat sasaran utama pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak atau masyarakat adalah untuk memotivasi dan mendorong siswa atau masyarakat senang belajar, maka sifat pengajarnya hendaknya diusahakan agar menyenangkan anak atau masyarakat akan motivasi dan terdorong untuk menyenangi belajar Bahasa Inggris. Melatih berbicara dan menulis bahasa Inggris dengan baik dan benar. Memajukan conversation bahasa Inggris dengan lancar. Menambah vocabulary sebelum berbicara bahasa Inggris. Mengenalkan bahasa Inggris kepada anak, Meningkatkan kemampuan anak berbahasa Inggris., Memberikan motivasi kepada anak agar mampu berkreasi dan berprestasi dalam bidang bahasa Inggris, Menyalurkan minat dan bakat anak dalam berbahasa khususnya bahasa Inggris dan Meningkatkan kualitas SDM dengan menguasai Bahasa Inggris. D. MANFAAT Manfaat utama pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak atau masyarakat adalah dapat berbicara dan menulis bahasa Inggris dengan baik dan benar, dapat maju dengan lancar dalam skill conversation dan writing bahasa Inggris, dapat memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak-anak atau masyarakat, serta dapat mengatasi bisnis dengan mudah dalam skill berbicara dan menulis bahasa Inggris dengan tourist yang datang di tempat ini. Anak-anak mengetahui atau memahami bahasa Inggris, memunculkan motifasi yang tinggi bagi anak-anak untuk berkreasi dan berprestasi, memunculkan kesadaran untuk mengupdate diri dalam bidang bahasa Inggris, secara praktis memberi masukan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam kegiatan belajar mengajar, dan meningkatkan kwalitas SDM. E. RINCIAN PROGRAM Program tersebut akan dilaksanakan secara privat atau berkelompok sesuai anak-anak atau masyarakat dengan menyesuaikan jadwal mereka dan pengajarnya untuk kursus bahasa Inggris. F. BIAYA a. Biaya anggota Modal awal Bimbingan belajar English Smart Solution Course Iuran masing – masing anggota @ Rp 20.000,00 X 10 = Rp 200.000,00 b. Pengeluaran Stempel = Rp 25.000,00 Print dan pembuatan brosur = Rp 31.000,00 Transportasi = Rp 13.100,00 Print = Rp 5.000,00 Biaya pembuataan poster = Rp 60.000,00 Biaya pembuatan brosur = Rp 100.000,00 Stopmap dan fotokopi = Rp 6.400,00 Bantalan tinta = Rp 4.000,00 Print proposal dan stomap =Rp 50.000,00 Sisa kas ESSC =Rp 5.000,00 G. WAKTU PELAKSANAAN Hari pelaksanaan Bimbingan Belajar English Smart Solution Course ini menggunakan sistem private untuk siswa Sekolah Dasar, SMP atau sederajat, Mahasiswa, dan Masyarakat Umum maka jadwal yang kami tawarkan merupakan kesepakatan antara siswa atau orang tua dengan para tutor. Tetapi disini kami menawarkan pembagian waktunya, antara lain: 60 menit : 14.30-15.30 15.30-16.30 16.00-17.00 Nb: jam sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kesepakatan bersama yang telah dibuat sebelumnya. H. BIAYA BIMBINGAN BELAJAR Biaya pendaftaran sebesar  Untuk siswa SD, SMP 60 Menit Rp 25.000,00/pertemuan. Untuk privat: Kelas 1 SD ada 1 orang: 8xpertemuan =Rp 200.000,00 Kelas 4 SD ada 1 orang: 8xpertemuan =Rp 200.000,00 Kelas 7 SMP ada 4 orang. I orang: 4xpertemuan/bulan=Rp 100.000,00/bulan x 4 bulan= Rp 400.000,00 3orang:3xpertemuan=3xRp25.000=Rp 75.000,00 x 3 orang=Rp 225.000,00 Untuk regular: 60 menit @Rp 20.000,00/pertemuan Kelas 5 SD 1 orang: 8xpertemuan/bulan x Rp 20.000,00=Rp 160.000,00/bulan x 3 bulan=Rp 480.000,00 Kelas 6 SD 2 orang: 8xpertemuan/bulan=Rp 100.000,00/bulan x 3 bulan= Rp 300.000,00 @ 1 orang. Kelas 8 SMP 1 orang: 8xpertemuan/bulan x Rp 20.000,00=Rp 160.000,00 /bulan x 3 bulan=Rp 480.000,00  Untuk Masyarakat Umum 60 Menit harganya Rp 25.000,00 / pertemuan Kecamatan 2 orang: 1xpertemuan=1xRp 10.000,00=Rp 10.000,00x2=Rp 20.000,00 Dipenduk capil 1 orang: 2xpertemuan=2xRp 10.000,00=Rp 20.000,00 Kios lala PGS 1 orang: 2xpertemuan=2xRp 5.000,00=Rp 10.000,00 Kios bu ending 1 orang: 2xpertemuan=2xRp 5.000,00=Rp 10.000,00 Umum tanpa proposal 1 orang: 2xpertemuan=2xRp 5.000,00=Rp 10.000,00 NB: Biaya sesuai dengan kesepakatan antara lembaga dengan peserta didik. I. RINCIAN PROGRAM English Smart Solution Course merupakan lembaga bimbingan belajar yang menyediakan sistem private class atau kelompok class maka program yang kita tawarkan dalam lembaga ini mengenai materi pembelajaran yang akan diajarkan yaitu berdasarkan kesulitan yang dihadapi siswa khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris dan sesuai dengan materi yang diajarkan disekolah. Hal ini bertujuan agar siswa atau masyarakat mampu menyeimbangkan materi pembelajaran bahasa Inggris yang diberikan di sekolah maupun di lembaga bimbingan belajar. Selain itu, agar kesulitan pembelajaran bahasa Inggris yang dihadapi siswa disekolah atau masyarakat dapat dipecahkan dengan lebih santai dan lebih jelas melalui para tutor English Smart Solution Course. J. STRUKTUR ORGANISASI “ENGLISH SMART SOLUTION COURSE” Ketua : Tri Wahyuningtyas Wakil Ketua : Nurul Rahmayani Sekretaris : Yanita Utaminingsih Bendahara : 1. Esti Nur P 2. Maya Ruhil A Humas : Ika Ida Wijayanti Design : Mei Tri Utami Perlengkapan : 1. Fahmawati Isnita R 2. Nurindah R 3. Fitra Ratna J K. KEDALA-KENDALA YANG DIHADAPI Ada beberapa kendala-kendala yang dihadapi dalam mengevaluasi system pendidikan di lembaga perkursusan bahasa Inggris di ESSC yaitu 1. Kurangnya disiplin bekerja. 2. Fasilitas sarana dan prasarana proses pembelajaran kurang memadai. 3. Kurangnya kecakapan komunikasi antara tentor yang satu dengan tentor yang lain dan peserta didik dengan tentor. 4. Rasa tanggung jawab yang kurang. 5. Rendahnya kesejahteraan semua tentor. L. SOLUSI UNTUK MENGEVALUASI KENDALA-KENDALA Ada beberapa solusi untuk mengevaluasi kendala-kendala yang dihadapi di lembaga perkursusan bahasa Inggris ESSC yaitu 1. Membuat jadwal yang sesuai dengan tentor dan peserta didik. 2. Membuat peraturan antara tentor dan peserta didik. 3. Memperbaiki, menambah, dan melengkapi fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran di ESSC. 4. Memperbaiki kecakapan komunikasi antara tentor dan tentor, serta peserta didik dan tentor dengan cara meeting atau cara face to face di tempat kerja atau di luar tempat kerja. 5. Melaksanakan tanggung jawab sesuai tugas dan peran masing-masing yang sudah diberikan oleh LPK dengan sebaik-baiknya. 6. Memperbaiki kesejahteraan semua tentor. M. KESIMPULAN Nama program yang kami tawarkan kursus privat dan kelompok bahasa Inggris adalah “English Smart Solution Course” (ESSC). ESSC ini mengadakan kursus privat dan kelompok (regular) baik untuk peserta didik sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan masyarakat umum yang mana harga kursusnya relative terjangkau untuk kalangan tersebut. Sehingga ESSC mengalami kendala-kendala yang dihadapi baik tentor dan peserta didik. Dan pada akhirnya kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan beberapa solusi dengan cara kekeluargaan antara tentor dan peserta didik. PROGRAM PENGELOLAAN LEMBAGA PERKURSUSAN ENGLISH SMART SOLUTION COURSE (ESSC) MAKALAH Mata Kuliah: Evaluasi Sistem Pendidikan Dosen: Dr. Sumardi, M. Si Disusun Oleh: TRI WAHYUNINGTYAS Q 100130063 PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar